Short Stories

Teman Seperjalanan

Teman seperjalanan.

Bukan melulu tentang siapa yang hadir menemani langkah kita dalam kesenangan, juga setia menemani dalam kesedihan. Bukan tentang teman hidup semata, tapi juga teman-teman lain yang silih berganti mengisi hidup kita.

Saya pernah merasa tidak punya teman sama sekali dalam satu fase hidup saya (notes: bukan teman hidup ya, hihi). Iya, tidak punya teman yang benar-benar saya enjoy untuk sekedar menumpahkan apa yang ada di dalam pikiran saya. Untuk sekedar tertawa bersama. Untuk sekedar berbagi kegelisahan dan kesedihan. Atau hanya sekedar say hi ketika bertemu di jalan (kesian amat yak 🙂).

Tapi, dalam masa-masa itu Allah mengajarkan saya banyak hal. Tentang kemandirian. Dan tentang jangan pernah sekali pun bergantung pada makhlukNya. Bahwa saat itu saya masih punya Allah yang akan selalu ada. Dan saat itu pula saya merasa bahwa rumah Allah satu-satunya tempat ternyaman di dunia (ini telat sih nyadarnya, haha). Pokoknya masa-masa ini benar-benar menguatkan saya.

Alhamdulillah, masa-masa ‘tanpa teman’ itu telah terlewati. Seiring dengan banyaknya teman yang keluar masuk dalam perjalanan saya. Dan benar adanya bahwa skenario Allah itu teramat indah. Di fase selanjutnya, Allah memberi ‘kado’ yang di luar ekspektasi saya. Di saat itu, saya sungguh merasa “I was blessed being surrounded by them“.

Baru saat itu saya merasa, “Ah aku semangat karena mau ketemu mereka.” Rasa yang amat saya rindukan. Rasa yang hanya muncul kala duduk di bangku sekolah/kuliah. Sudah lama rasanya saya tidak menemukan semangat yang sama. Alhamdulillah. Terima kasih Allah karena telah mempertemukan saya dengan orang-orang ini.

“Some people come in your life as blessings. Some come in your life as lessons.” Sebagian dari teman perjalanan yang hadir dalam kehidupan kita adalah berkah dari Allah, sementara sebagian yang lain bisa menjadi ujian dalam hidup. Maka, maknailah kehadiran keduanya sebagai nikmat. Nikmat berteman dengan mereka yang memberi keberkahan, dan nikmat berteman dengan mereka yang semakin menguatkan.

P.S. : Never give up to find your true friends, because Allah always give us the people who help us, unconditionally.

Leave a Reply

