Short Stories

25 Barang yang Wajib Saya Bawa Saat Traveling ke Luar Negeri

Motivasi menuliskan artikel kali ini adalah karena saya seringkali lupa barang bawaan ‘wajib’ apa saja yang harus saya bawa saat akan bepergian, utamanya ke luar negeri.

FYI, I’m not truly traveler but Allah gives chance to me to explore some of the wonderful countries around the world. Alhamdulillah saya sudah pernah menyusuri Taiwan, Amerika, Singapura, Kuala Lumpur, Hong Kong, Filipina, Jepang, Korea dan Saudi Arabia (umroh). And my wishlist are Europe and Aussie. Turki dan Mesir juga ding.

Kalau domestik, pernahnya ke Medan, Bangka, Belitung, Batam, Tanjung Pinang, Pangkal Pinang, Jakarta, Jabar dan sekitarnya, Yogyakarta, Solo, Semarang, Jatim dkk (kebanyakan klo disebutin haha), Banjarmasin, Bali dan masih ingin explore kota-kota di timur Indonesia.

Oke langsung saja ke item-item yang hampir selalu tak ketinggalan saya bawa waktu travelling – baik itu business trip ataupun jalan-jalan:

  1. Paspor dan VISA: Barang yang wajib dibawa bagi yang akan ke luar negeri. Cek dulu negara destinasi membutuhkan VISA/tidak kalau kita pemegang paspor Indonesia. Uruslah VISA minimal sebulan sebelum keberangkatan ke negara yang membutuhkan VISA. FYI (1) negara seperti Hong Kong tidak membutuhkan VISA dari Indonesia. Kita akan mendapatkan VISA on Arrival kalau ke Hong Kong. FYI (2) kalau kita sudah punya e-passport atau paspor elektronik, kita bisa ke negara seperti Jepang tanpa VISA. FYI (3) negara ‘bebas VISA pemegang paspor Indonesia’ lain selain ASEAN yaitu Taiwan. Kalau kita sudah pernah punya ARC Taiwan (masih bisa berlaku 10 tahun sejak ARC mati) dan atau VISA USA, VISA Schengen, VISA Jepang yang masih berlaku, kita akan bebas VISA ke Taiwan.
  2. Dokumen perjalanan: saya selalu mencetak (print out) tiket pesawat, hotel, itinerary, bahkan peta transportasi negara/kota yang akan saya kunjungi. Kenapa? Menjaga kalau-kalau ada terjadi sesuatu yang kurang baik (misal kehilangan smartphone). But so far, alhamdulillah selalu aman.
  3. Travel Adaptor: another very important item I always brought. Apalagi di era teknologi seperti sekarang. Mau jadi apa kita kalau ngga bisa nge-charge gawai saat berada di luar negeri? Hehe. Karenanya, sebaiknya kita punya universal adaptor (konverter yang bisa dipakai di hampir seluruh negara di dunia). Jadi, mau kemanapun engga bingung nyari konverter buat colokan.
  4. Alat Salat plus Sajadah: wajib banget dibawa apalagi kalo bukan ke negara yang mayoritasnya Muslim. Jangankan di luar negeri, di hotel-hotel dalam negeri aja amat jarang disediakan sajadah.
  5. Uang Tunai: saya selalu membawa uang tunai negara yang dituju. Masih konvensional sih, karena saya ngga punya (dan ngga tertarik pake) Credit Card. Bagi yang lifestyle-nya sama kaya saya, wajib banget kepo conversion rate mata uang biar engga kaget, hehe.
  6. Alat Mandi: saya biasanya akan membawa sikat gigi dan odol travelling (yang kecil), sabun, shampo, sabun muka, pelembab dan parfum yang sudah saya wadahi di botol-botol kecil berukuran maksimal 100ml. Kenapa? Supaya aman kalau saya hanya membawa koper kabin. Ingat bahwa cairan di atas 100ml dilarang dibawa ke kabin untuk penerbangan internasional.
  7. Handuk kecil: penting kalau-kalau kita butuhkan saat berada di tengah perjalanan. Handuk besarnya minta penginepan aja hehe.
  8. Alat Makeup: saya jarang pake makeup sebenernya, cuma bawa bedak dan lipstik plus deodoran aja. Udah cukup.
  9. Baju ganti & daleman (plus pantyliner) secukupnya: jangan bawa berlebihan. Berat, kalau kata Dilan. Pantyliner berguna biar ga beseran pas di jalan (serius ini ngaruh lho).
  10. Jaket anti hujan: macem jaket parka ato jaket UV. Very useful I think kalo cuaca lagi windy or rainy.
  11. Jaket biasa: buat kalo cuaca spring or summer. Kalau winter harus banget bawa jaket tebel.
  12. Tisu Basah: buat cuci tangan dan lap muka biar ga kucel-kucel amat hehe.
  13. Hand Sanitizer: buat cuci tangan kalo lagi jajan.
  14. Botol Minum/Termos kecil: penting demi menghemat pengeluaran beli air minum bagi backpacker haha. Ada banyak water fountain yang airnya edible buat diminum di beberapa negara maju seperti Amerika, Singapura, Jepang, Taiwan.
  15. P3K/Obat-obatan: saya selalu bawa panadol, paracetamol, promag, diapet, vit. C, minyak kayu putih dan beberapa obat pribadi lainnya. Dan saya sampe dijuluki apotek berjalan gegara ini.
  16. Payung lipat kecil: because we never know when it’s gonna rain.
  17. WiFi/Modem portable: biar selalu update posisi dan update medsos tentunya hehe. Oiya saran saya lebih baik sewa modem WiFi kalo perginya rame-rame. Daripada harus roaming menggunakan paket data dari Indonesia karena akan lebih mahal.
  18. Kantong Plastik: buat nyimpen baju kotor ato sampah.
  19. Alas Kaki yang nyaman: bawa satu aja. Kalo saya prefer pake yang kaya Skecher ato Keds #sebutmerekdeh.
  20. Kaos kaki: biar engga dingin kakinya.
  21. Pocket Camera: ato bisa pake smartphone aja plus tongsis.
  22. Tas selempang kecil: berguna buat nyimpen paspor dan dokumen traveling lainnya.
  23. Bolpoin dan notes kecil: buat nyatet hal seru di perjalanan. Bolpoin berguna juga buat ngisi Arrival Card pas di pesawat.
  24. Kacamata hitam: berguna kalo mau ke pantai atau tempat yang terik.
  25. Gembok koper: the most impotant item above all. Supaya koper aman dan perjalanan nyaman.

Ada tips lain, sebelum bepergian sebaiknya install beberapa aplikasi ini di smartphone:

  • Jadwal Salat, penting buat nyari tau waktu salat di negara tujuan.
  • Kompas, penting buat nyari tau arah kiblat.
  • Peta transportasi negara tujuan, penting supaya ngga kelabakan mau naik apa pas mau ke suatu tempat. Biasanya akan ada banyak aplikasi macem ini, seperti pengalaman saya waktu backpacking ke Singapura, Kuala Lumpur, Hong Kong, Jepang dan Korea ada aplikasi peta MRT/subway/sejenisnya di kota yang kita tuju di negara-negara tersebut. Taiwan juga ada aplikasi peta rute MRTnya lho!
  • Pencarian informasi Masjid dan makanan Halal. Penting buat kita yang amat sangat ngejaga ibadah dan asupan makanan halal yang masuk ke tubuh. Pun bisa juga buat ngecek kehalalan oleh-oleh. Pengalaman saya pas ke Korea, ada aplikasi scanner halal khusus produk makanan Korea yang bisa banget kita pake klo mau tau oleh-oleh snack itu halal atau tidak. Oiya, kalau ke Taiwan readers bisa banget install aplikasi Halal Taiwan buatan kami hehe #ngiklan.
  • Translator if really needed, contohnya mau ke Jepang, Korea, Cina atau Taiwan. Butuh banget sama yang namanya google translate.

Dan hal yang penting banget adalah pelajari musim dan suhu udara negara yang dituju, apalagi ke negara dengam empat musim. Jangan sampai salah kostum lho! Pake jaket tebel eh ternyata lagi summer. Giliran winter, malah bawa baju tipis dan akhirnya kedinginan hehe. FYI, berikut ringkasan singkat dari saya about the weather time (kisaran):

  • Musim semi/spring : Maret – Mei
  • Musin panas/summer : Juni – Agustus
  • Musim gugur/autumn/fall : September – November
  • Musim dingin/winter : Desember – Februari

So, persiapkan keberangkatan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampe nyesel karena ada barang ketinggalan pas uda travelling. Semoga tips dari saya berguna ya readers! 🙂

Salam dari saya yang insya Allah akan berkunjung ke Hong Kong (lusa) dan Taiwan (next week). Doakan semoga selamat sampai kembali lagi ke Indonesia. Jangan nitip oleh-oleh, oleh-oleh itu berat :)))

8 thoughts on “25 Barang yang Wajib Saya Bawa Saat Traveling ke Luar Negeri

  1. Wow, ini detail banget mbak…. Cocok masuk ke buku 😁 aku lebih minim lagi bawaannya mbak, terutama untuk internet, biasanya cuma ngandelin wifi yang ada…😁😁😁 keren mbak Dini 👍

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s