Short Stories

My Daily Skincare Products

Sebenarnya malu sih mau share ini, karena saya ini bukan beauty blogger, beauty enthusiast, selebgram, apalagi influencer. Murni hanya seorang perempuan in her early thirty yang lagi suka nyobain skincare. Semoga tulisan ini juga bisa jadi prasasti di hari tua nanti. Juga bermanfaat buat yang baca 😀

Jadi ceritanya saya tuh ngikutin step-stepnya Maple Tree Blog. Maklum lah ya anak kemaren sore belajar skincare, jadi gak ngerti sama sekali istilah-istilah per-skincare-an. Apa itu toner, serum, sebum, whitehead, AHA, BHA, dan kawan-kawan yang saya ga tau sama sekali. Dan akhirnya berangkat dari wajah yang kusam dan menua ini (bukan lagi gadis muda belia di usia 20-an), saya harus menerima kenyataan: butuh skincare tambahan untuk menjaga diri sendiri. Bukan untuk mempercantik, ini murni salah satu bagian dari ikhtiar menjaga apa yang sudah Allah karuniakan hehe.

Awalnya tau apa yang mau dipake itu, dari hasil riset di beberapa blog yang asli beauty influencer, sama diskusi sama beberapa temen di usia hampir mirip sama saya yang emang lagi pake skincare tanpa perawatan klinik.

Jenis kulit saya kombinasi (to oily). Berminyak di daerah T (dahi dan hidung). Kering di daerah yang lain. Cenderung akan bruntusan dan muncul jerawat di dahi kalau hormonnya lagi engga stabil. Juga punya blackhead yang agak banyak di hidung. Plus kantong mata yang semakin menghitam. Dan setelah baca-baca blog orang, ternyata eyebag saya ini karena faktor keturunan/gen, jadi engga akan ilang sepenuhnya.

Produk-produk skincare yang saya gunakan bervariasi – harganya, asalnya dan jenisnya. Mulai dari produk lokal hingga luar. Mulai dari yang murah, sampai ((agak)) mahal. Ngga pernah nyoba yang harganya di atas 500 ribu per produk sih, sayang uangnya hihi.

So, this is it! My daily skincare routine’s products. Check it out!
*Urutan nomor ini sudah sesuai dengan urutan penggunaannya berdasarkan Asian Skincare Routine di blog Maple Tree

Day Skincare:

1. Cleanser (ada beberapa cleanser yang pernah saya coba):

  • QV Wash (AU), harga: Rp 250.000 (250ml bundle dengan QV Skin Lotion 250ml). Produk cleanser impor pertama saya setelah mengkhianati Pond’s yang telah menemani sejak tahun pertama kuliah, haha. Pakai ini dulu karena kulit super kering (kayanya karena kena AC dan perbedaan suhu Jakarta Bandung yang keras bung). Padahal awalnya mau beli Cetaphil, tapi karena pas ke tokonya produk ini harganya lebih murah (plus dapat lotionnya) akhirnya saya putuskan untuk mencobanya. Setelah beberapa kali pemakaian hasilnya: memuaskan untuk kulit kering! Tapi menurut saya produk ini harus dikombinasikan dengan produk hydrating lain. Karena pernah satu kali saya ga pake lotionnya, dan wajah mendadak kering di jam-jam ngantor.

Image result for qv wash

  • Senka Perfect Whip Cleansing Foam (JP), harga: +-Rp 35.000 (travel size). Nyobain Senka karena penasaran aja sih, dan so far engga ada perubahan signifikan sama wajah. Busanya enak, lembut dan kerasa lebih bersih aja habis pakenya. Tapi karena wajah saya cenderung kering, jadi kalau pake ini harus ditambah hydrating toner. Repurchase? Not yet. Masih suka sama QV.

Image result for senka perfect whip

  • QV Gentle Wash (AU), harga: +- Rp 380.000 (1kg). Waktu itu saya beli 1 pas jalan-jalan ke Sydney, seneng banget nemu banyak produk QV karena memang QV aslinya dari Aussie. Dan pas di Indonesia ternyata kok ngga nemu di beberapa drugstore macem Watson, Guardian, Century. Di situ saya menyesal kenapa dulu engga beli dua ato tiga haha. Hasilnya lebih memuaskan daripada QV Wash karena kandungannya yang mungkin agak beda yaRepurchase? YES, tapi sayangnya ngga ada di Indonesia dan malas beli online.

Image result for qv gentle cleanser

  • Cetaphil Gentle Skin Cleanser (US), harga Rp +-160.000. Akhirnya kesampean beli cetaphil karena udah nyari QV Gentle Wash kemana-mana dan ngga nemu. So far saya masih prefer QV karena sabunnya yang lebih terkonsentrat daripada cetaphil. Tapi hasilnya sama-sama ngga bikin kering wajah.

Image result for cetaphil gentle skin cleanser

2. Toner:

  • Hatomugi Skin Conditioner (JP), harga: Rp 89.000 (500ml). Saya beli produk ini di Shopee dan pas lagi diskon. Pertama kali pengen pake toner karena wajah masih kering walau udah pake QV Wash & QV Lotion. Dan di situ saya berpikir kayanya butuh produk lain untuk menghidrasi wajah. Dan akhirnya saya temukan produk bernama hydrating toner ini. Setelah riset mendalam (tsah), diputuskan buat nyobain produk asal Jepang ini – Hatomugi Skin Conditioner. Direkomendasikan oleh banyak beauty enthusiast, produk ini cocok saya pakai dan membuat kulit engga kering. Namanya aja yang conditioner, tapi pada dasarnya sama kaya toner. Dan karena bentuknya yang cair, akhirnya saya wadahin di semprotan kecil. Cara pakenya saya ngikutin salah satu beauty vlogger, semprot2 pake wadah kecil gitu – bukan pakai kapas kaya yang diajarkan oleh orang Jepangnya.

Image result for hatomugi skin conditioner harga

3. Eyecream:

  • Avoskin Intensive Nourishing Eyecream (ID), harga: Rp 150.000 (ukurannya kecil dan cuma satu ukuran). Produk lokal ini saya pakai dari hasil baca-baca blog orang. Dan alhamdulillah bisa mengurangi gelapnya mata panda saya. Tapi pas pertama coba, ada sensasi perih dikit di mata kanan. Dan di mata kiri mendadak muncul bintil kecil gitu. Akhirnya engga rutin saya pakai karena takut muncul hal yang sama. Apa mungkin engga cocok kali ya?

Image result for avoskin intensive nourishing eye cream

4. Moisturizer:

  • QV Skin Lotion (AU), harga: Rp 250.000 (bundle dengan QV Wash 250ml). Produk skincare pertama saya juga setelah kembali berkhianat dari Pond’s hehe. Dan hasilnya setelah memakai QV Skin Lotion ini adalah memuaskan. Karena kulit saya yang tadinya kering jadi lebih terhidrasi dengan baik. Walau harus menggunakan hydrating toner dan sleeping mask untuk kelembaban yang optimal.

Image result for qv skin lotion

5. Day Cream:

  • Pond’s Age Miracle Wrinkle Corrector (US), harga: +- Rp 30.000. Jujur beli produk ini cuma sekedar coba-coba aja, dan sepertinya hasilnya belum terlalu signifikan. Akhirnya saya belum repurchase lagi. Tapi lumayan bikin kulit lebih cerah. Saya belinya langsung sepaket buat day and night. Dan bener sih kata banyak reviewer kalau produk ini tuh suka ketuker karena botol siang dan malemnya engga beda jauh. Yang buat malem cuma ada blok hitam kecil di botolnya. Dan akhirnya saya pernah ketuker make yang malem buat siang haha.

Related image

6. Serum:

  • Sensatia Botanicals Sandalwood Dream Facial C-Serum (ID), harga: Rp 180.000 (60ml). Pertama kali nyobain pake serum. Sebenernya kalau serum ada macem-macem ya, tergantung kebutuhan kita mau ngapain. Ada yang sebagai pencerah, anti-aging, dan banyak lagi. Dan saya memang lagi nyari serum yang mencerahkan dan menghilangkan bekas jerawat untuk kulit kombinasi. Setelah cari-cari ketemulah serum produk lokal ini. Hasilnya? Lumayan mencerahkan setelah pemakaian yang rutin. Karena memang herbal, jadi pakainya harus telaten dan hasilnya pun ngga cepet.

Image result for sensatia botanicals sandalwood serum

7. Sunscreen:

  • Skin Aqua UV Moisture Milk (JP), harga: +- Rp 60.000 (40ml), agak lupa harganya karena belinya pun impulsif. Mulai pake sunscreen setelah baca IG story temen yang menyatakan bahwa kalau dari muda engga pake ini bisa-bisa tuanya kulitnya berbintik hitam karena efek sinar radiasi/ultraviolet. Kan serem ya. Akhirnya saya coba beli produk Jepang ini. Awalnya pengen nyobain Biore yang hits itu, tapi karena jarang liat akhirnya beli Skin Aqua aja.

Image result for skin aqua sunscreen

Source all images: google

Nah, kalau untuk night skincare ngga terlalu beda jauh ya sama day skincare.

Night Skincare:

1. Cleanser (idem)
2. Toner (idem)
3. Eyecream (idem)
4. Moisturizer (idem)
5. Night Cream:
Pond’s Age Miracle Wrinkle Corrector (US)
6. Mask:

  • Mask: The Body Shop Himalayan Charcoal (US)harga: Rp 350.000. Penggunaan masker ini ngga tiap hari. Dua sampai tiga kali seminggu. Dan ada hasilnya di wajah saya, bruntusan dan komedo di hidung berkurang secara signifikan. Karena pemakaiannya ngga bisa tiap hari, jadinya masker ini rada awet dan saya sudah repurchase sekali.

Image result for body shop charcoal mask

  • Sleeping Mask: Laneige Sleeping Mask Travel Kit (KOR), harga: Rp 77.000 (dapat 3). Setelah pakai ini rasanya sungguuuh terhidrasi sepanjang malam sampe paginya. Wajah jadi kenyal dan berasa peremajaan kulitnya. Enak lah pokoknya, mungkin akan repurchase. Ini ukurannya kecil tapi awet juga karena engga boleh dipake tiap hari. Pakainya juga dua sampai tiga kali seminggu. Biasanya saya selang seling pakainya sama charcoal mask.

Image result for laneige sleeping mask

  • Sheet Mask: Nature Republic/Innisfree (KOR), harga: tergantung beli dimana hihi. Awalnya dulu beli pas ke Seoul, murah banget selembar kalo dirupiahin harganya cuam Rp 3.500. Nah pas uda di sini ko jadi mehong ya (yaiyalah). Makanya saya engga terlalu sering beli sheet mask di Indonesia. Ngerasa sayang aja beli selembar Rp 15.000-an.

Image result for nature republic sheet mask

Selain itu, kadang saya pakai Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel (KOR) yang dikasih Tata langsung dari Korea. Tapi semakin jarang karena habis baca review katanya aloe gel gitu engga terlalu membantu banyak kecuali kalo mau main ke pantai.

Image result for nature republic aloe vera gel

Untuk make up sendiri, saya cenderung simpel. Cuma bedak sama lipstik, bedaknya pake Marcks dengan lipstik Pixy. Karena engga sanggup (dan ga bisa) kalo harus pake eyeliner, alis, eyeshadow dan kawan-kawannya.

Overall, dari semua skincare yang saya pakai hingga saat ini masih cocok dengan saya. Repurchase? Yes for some products.

Special thanks to Bella, Sanny, Tata & Sukma – teman berdiskusi skincare yang sangat membantu my decision making.

Warm Regards,
Dini Nuzulia Rahmah

One thought on “My Daily Skincare Products

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s