Short Stories

Prosedur Penggantian/Perpindahan Rekening DPLK

Beberapa waktu lalu saya diminta kantor untuk mengirimkan saldo terakhir Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Dan ternyata hasilnya belum terlalu signifikan untuk menjamin hari tua saya nanti. Setelah berdiskusi dengan beberapa teman, akhirnya saya mantap untuk memindahkan rekening DPLK saya ke rekening yang sama dengan gaji saya. Selain itu,  saya juga menambahkan sejumlah nominal payroll bulanan saya ke dalam rekening DPLK agar jumlah akhir dana pensiun sesuai ekspektasi 🙂

Berikut langkah-langkah pemindahan DPLK antar Bank yang berbeda:

Catatan: Bank Lama (X), Bank Baru (Y)

  1. Mendatangi Bank X untuk mengecek saldo akhir dan bertanya tentang proses pemindahan. Waktu itu CS Bank X tidak mempersyaratkan apapun kepada saya. CSnya hanya bilang langsung buka saja DPLK di bank yang baru tanpa harus ada keterangan perpindahan dari Bank X.
  2. Membuka rekening DPLK di Bank Y sesuai dengan persyaratan dan prosedur pembukaan rekening baru. Karena sebelumnya saya adalah nasabah di Bank Y, jadi prosesnya tidak terlalu sulit.
  3. Bank Y untuk memberikan surat keterangan resmi perpindahan saldo dari Bank X ke Bank Y.
  4. Bank X akan mentransfer saldo terakhir ke bank Y setelah menerima surat resmi tersebut.
  5. Lapor ke HR kantor agar mengubah informasi rekening DPLK. Yang ini prosesnya agak lama karena saya tidak mengenal PICnya siapa. Tapi alhamdulillah di bulan Desember 2018 dana DPLK saya sudah masuk ke Bank Y.

Saat itu bulan November 2018 saya memindahkan tabungan DPLK saya. Dana DPLK kantor sudah masuk ke Bank Y terhitung sejak Desember 2018. Namun saldo DPLK selama periode 2014 – 2018 dari Bank X tak kunjung berpindah hingga sekarang. Dan saya masih mengurusnya sampai sekarang. Doakan semoga lancar!

——- Update ——-

Setelah menunggu hingga bulan Maret 2019, akhirnya saya kembali mendatangi bank lama untuk menanyakan status progres dan ternyata oh ternyata, CS bank lama itu salah memberikan prosedur untuk saya. Seharusnya saya mengisi form penutupan rekening di DPLK Bank Lama yang harus saya tanda tangani di atas materai. Kemudian dari dasar form tersebut, Bank Lama akan mentransfer dana DPLK ke Bank Baru. Dan proses ini alhamdulillah selesai di bulan April 2019.

Warm Regards,
Dini N. Rahmah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s