Short Stories

Behind the Reel: Becoming 1st Winner Telkom Digital Writing Competition

Berawal dari kemarin saat saya post di salah satu media sosial tentang kabar gembira yaitu tulisan saya berhasil menjadi juara pertama dalam lomba menulis Telkom Grup. Ada beberapa teman yang bilang ke saya, ‘mau dong liat tulisannya’. Nah karena takut akan plagiarism yang semakin merajalela, akhirnya saya memutuskan untuk publish tulisan saya di blog pribadi. Dengan harapan semoga menjadi inspirasi, bukan malah memicu aksi plagiat. Bismillah

Nah sebelum saya post tulisannya, saya ingin bercerita sedikit tentang proses kreatif sekaligus awal mula kenapa akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti lomba ini.

Corporate Communication Telkom mengirimkan email blast kepada seluruh karyawan Telkom terkait pengumuman Telkom Digital Competition dalam rangka menyemarakkan HUT Telkom yang ke 54 tahun, diadakan mulai 28 Juni hingga 31 Juli 2019. Pengumuman seperti ini tidak akan di-email sekali saja, bisa sampai dua hingga tiga kali sebagai reminder. Dan seperti biasanya, saya suka tidak ngeh kalau ada info semacam ini karena isi surel yang saling tumpang tindih dengan beragam pekerjaan dan info-info lainnya.

Announce
Pengumuman melalui email blast Telkom

Hingga pada suatu hari, atasan saya mengatakan bahwa ada lomba menulis di Telkom, kenapa tidak ikut saja. Dan waktu itu saya mulai ngeh kalau ada pengumuman ini – lumayan juga total hadiahnya hingga Rp 30 jutaAlhamdulillah semua rekan kerja saya sangat support dengan kegemaran menulis saya. Waktu itu saya berpikir, ah deadline-nya masih jauh nanti dulu deh kalau memang benar-benar ingin ikut lomba.

Hari demi hari berlalu, pekan demi pekan berlalu dan saya mulai lupa lagi dengan lomba ini. Disibukkan dengan rutinitas pekerjaan kantor dan rumah. Namun, tepat dua hari sebelum deadline, rekan kerja lain mengajak saya untuk ikut lomba ini. Dan kembali saya teringat kalau ada writing competition dari kantor. Kalau sudah rejeki memang tidak akan kemana.

“Hatiku tenang karena mengetahui bahwa apa yang melewatkanku tidak akan pernah menjadi takdirku, dan apa yang ditakdirkan untukku tidak akan pernah melewatkanku.”
– Umar bin Khattab

Senin, 29 Juli 2019

Hari itu, rekan kerja tersebut mengingatkan lomba ini hingga ditulisnya syarat dan ketentuan mengikuti lombanya. Dia bilang kalau hanya diperbolehkan menuliskan maksimal 200 kata saja. Tema besarnya adalah “54 Tahun Telkom Indonesia Selalu Ada untuk Indonesia”. Cukup menantang karena penulisnya harus mampu menyampaikan ide perjalanan Telkom selama 54 tahun dalam setengah lembar kertas A4.

Rabu, 31 Juli 2019 (Hari Deadline Submit Naskah)

Dua hari sebelum lomba ditutup saya masih berpikir untuk tidak usah ikut saja karena pasti butuh waktu untuk memikirkan idenya – yang belum terpikirkan hingga sekarang.

Hingga pada hari terakhir submit naskah, saya melihat email blast yang dikirimkan oleh Corporate Communication:

Pengumuman

Pengumuman2

Oiya, hari ini terakhir submit naskah ya. Hmm ikut atau tidak ya. Masih ragu apakah mau ikut atau tidak. Seharian saya berpikir mau menuliskan apa ya dalam 200 kata, apalagi yang dibahas agak ‘berat’ yaitu 54 tahun perjalanan Telkom, karya-karya Telkom untuk Indonesia serta peran dan kontribusi karyawan untuk Telkom.

Hari itu hari Rabu (31/07), dimana jam 17.00 saya harus mengejar travel ke Bandung. Pukul 16.00, masih belum kepikiran mau menulis apa. Hanya ide-ide saja yang saling silang bertebaran di kepala. Hingga akhirnya pukul 16.30, dalam waktu 30 menit tercetuslah ide besar yang kemudian menghasilkan tulisan berikut (mohon maaf harus di watermark untuk mengurangi bahaya plagiat hehe):

Writing_Competition_2
Tulisan yang memenangkan Juara 1 Writing Competition dalam acara Telkom Digital Competition

Proses kreatifnya lumayan memakan waktu yang lama sekitar setengah hari, namun eksekusinya cukup singkat yaitu dalam kurang lebih 30 menit (sambil deg-degan mau mengejar travel dari Jakarta menuju Bandung).

Nah, ide-ide awal hanya berupa kata-kata kunci yang kemudian saya catat di notes HP (notesnya masih tersimpan hingga sekarang). Setelah kata kunci terkumpul, barulah saya memikirkan outline-nya seperti apa.

Untuk meramu outline/kerangka tulisan, saya menggunakan proses berpikir yang telah diajarkan atasan saya ketika bekerja di unit sekarang, sederhana namun menjadi enak untuk dibaca dan disampaikan. Apa saja itu? Analisa internal & eksternal, formulasi solusi, implementasinya seperti apa serta evaluasi implementasi tersebut.

Alur tulisan saya secara garis besar meliputi latar belakang masalah, solusi, peran Telkom terhadap karyawannya, serta apa yang saya rasakan sebagai karyawan ketika bekerja di Telkom.

Rabu, 21 Agustus 2019 (Hari Pengumuman)

Hari itu saya sedang dinas ke Surabaya, tiba-tiba ada chat WhatsApp yang masuk dari teman kuliah saya yang juga karyawan Telkom.

[09:46, 8/21/2019] A: diniiiiiiii
[09:46, 8/21/2019] A: keren ih dini menang lomba writing

Kaget, bingung, heran kenapa teman saya ini bisa tahu kalau saya ikut lomba. Kemudian saya pun refresh email, karena berasumsi pengumumannya pasti dikirim oleh Corporate Communication Telkom via email blast. Dan ternyata benar, saya baca kembali isi email tersebut:

Winners

Link portal berita pengumuman bisa klik di sini.

Alhamdulillah, tulisan yang serba mendadak dan ‘iseng’ tersebut berhasil mengantarkan saya menjadi juara 1 dalam Writing Competition Telkom Digital Competition. Tulisan lengkapnya yang sudah tayang di portal internal Telkom bisa dibaca di klik di sini.

Segala puji hanya untuk Allah, segala inspirasi datang dari Allah, segala kesuksesan Allah yang berikan. Saya sebagai manusia hanya perantara yang pastinya banyak luput dan dosa.

Jakarta, 27 Agustus 2019
Lantai 12 Telkom Landmark Tower

2 thoughts on “Behind the Reel: Becoming 1st Winner Telkom Digital Writing Competition

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s