Short Stories

Apa Kabar Target di Tahun 2011?

Prolog

Throwback eight years ago…

Hari ini saya membuka kembali lembaran digital di sebuah blog lama – yang sekarang sudah saya hide dari peredaran). Kemudian teringat pada suatu post mengenai target-target masa depan yang ingin saya capai.

Membaca kembali tulisan delapan tahun yang lalu, gaya dan cara penulisannya membuat saya ingin mencemooh diri sendiri, haha. But that’s the prove that I’ve been developing since that day. Itu merupakan bukti nyata bahwa tulisan saya sudah jauh lebih baik daripada tulisan tersebut, melalui berbagai proses dan perjuangan.

Pada post tersebut, saya menuliskan target satu dan lima tahun ke depan dari tahun 2011. Berarti target untuk tahun 2012 dan 2016. Lalu apakah target-target tersebut telah tercapai dan Allah kabulkan?

Let’s see…

Target tahun 2012.

Target 1: Bekerja di Perusahaan BUMN (target: TELKOM, PLN, PERTAMINA)
Status: Allah kabulkan dan tercapai setelah 2 tahun dari target
Alhamdulillah pada tahun 2014, Allah mengabulkan target dan keinginan saya ini exactly like what I want. Tepatnya di bulan September, saya resmi diterima bekerja di PT Telkom Indonesia dengan jalur lulusan S2 Luar Negeri. Kenapa saya ingin bekerja di BUMN? Jawaban yang saya temukan di tahun 2011, mengumpulkan modal untuk bisa segera menjadi creativepreneurDan impian itu masih berlaku hingga sekarang :).

Target 2: Punya tabungan haji
Status: Allah kabulkan dan tercapai setelah 5 tahun dari target
Alhamdulillah di tahun 2017 saya tidak hanya membuka tabungan haji, namun juga sudah mendaftar haji untuk diri sendiri dan suami. Insya Allah kami akan berangkat pada tahun 2032, atau semoga bisa dipercepat lagi Aamiin. Sebenarnya di tahun 2011 saat menuliskan target ini maknanya adalah untuk menghajikan kedua orang tua. Orang tua saya telah berhaji di tahun 2007, sehingga kemungkinan untuk haji lagi kecil karena pemerintah mengutamakan yang belum berhaji untuk diberangkatkan.

Target 3: Membelikan kakak laptop
Status: Belum tercapai
Karena pada akhirnya saya membelikan laptop untuk Bapak pada tahun 2014, dengan mempertimbangkan aspek kebermanfaatan.

Target tahun 2016.

Target 1: Membeli mobil jenis X dengan uang sendiri
Status: Belum tercapai
Semoga segera bisa tercapai, Aamiin.

Target 2: Punya toko yang menjual desain sendiri
Status: Allah kabulkan dan tercapai 1 tahun lebih cepat
Bulan September 2015, saya dan Intan (teman kuliah) resmi membuka gerai toko online milik kami berdua bernama Livre The Books. Livre The Books menjual desain-desain planner dan notebook dengan menyasar pasar internasional. Kami menjualnya via platform etsy. Namun sekarang sedang dalam masa hiatus karena kesibukan masing-masing.

Target 3: Kuliah di Jepang
Status: Allah jawab dengan cara lain yang lebih baik dan tercapai 4 tahun lebih cepat
Alih-alih kuliah di Jepang, Allah mengabulkan doa saya dengan berkuliah di Taiwan pada tahun 2012. Dan di tahun 2017, Allah kabulkan doa saya untuk bisa pergi ke Jepang.

Target 4: Menikah
Status: Allah kabulkan satu tahun lebih cepat
Alhamdulillah saya menikah di penghujung tahun 2015.

Menilik dari target yang telah saya tulis di tahun 2011, membuktikan bahwa Allah akan mengabulkan doa-doa dan harapan baik dari hambaNya – bahkan bisa lebih cepat dari target manusia itu sendiri.

Dan saya memang terbiasa hidup dengan target dan deadline untuk diri sendiri. Namun akhir-akhir ini saya mencoba untuk lebih selow menjalani hidup, tidak terlalu memberikan target yang tinggi-tinggi dan muluk-muluk, cukup minta yang terbaik dari Allah :). Menghilangkan ekspektasi pada manusia, mengalihkan harapan hanya kepada Allah semata.

Epilog

Pada akhirnya manusia hanya bisa berencana dan berdoa, Allah yang akan menentukan hasilnya. Dan doa-doa kita dijawab melalui tiga cara: dikabulkan saat itu juga, dijawab dengan yang lebih baik dan ditangguhkan hingga waktu terbaik. Semoga semua doa terbaik teman semua diijabah oleh Allah, Aamiin…

Bandung, 20 September 2019

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s