Artikel · Talks

5 Hal Menarik yang Hanya Bisa Kamu Dapatkan Kalau Jadi Karyawan Telkom

*Artikel ini sedang dalam tahap moderasi oleh editor IDN Times.

Tentang pengalaman seru, unik, dan menarik dari para karyawan Telkom.

Telkom_dok pribadi

PT Telekomunikasi Indonesia atau yang dikenal dengan Telkom merupakan the biggest telecommunication company in Indonesia. Perusahaan yang telah tercatat di bursa saham IDX dengan kode TLKM ini mengelola 32 entitas anak perusahaan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Sebagai seorang karyawan yang telah mengabdi selama 5 (lima) tahun, saya mengalami banyak sekali hal seru, unik, dan menarik saat bekerja di Telkom. Lalu apa saja hal menarik itu? Yuk, simak lima pengalaman menarik yang saya dan teman-teman sesama karyawan dapatkan ketika bekerja di Telkom!

1. Kesempatan terjun langsung mengelola Digital Startup melalui program Digital Amoeba

Digital Amoeba
AMIGO Innovation Summit Telkom Grup 2019 (Foto dok. pribadi)

Menuju digital telco company, Telkom secara serius mengembangkan inovasi produk dengan mengadopsi perusahaan startup dalam pengelolaannya melalui program Digital Amoeba. Melalui program ini, para karyawan diberikan kesempatan untuk berinovasi dan mengeluarkan ide-ide yang out of the box terkait dengan pengembangan bisnis perusahaan. Antusiasme karyawan untuk mengikuti program ini dibuktikan dengan adanya 1.166 ide masuk, 250 di antaranya lolos hingga tahap customer validation, dan 150 ide lolos sampai tahap product validation.

Program ini membekali karyawan tentang tahapan yang harus dilakukan untuk merealisasikan ide dan inovasi tersebut. Hal ini tentunya dapat melatih individu dan tim dalam membangun digital startup company walaupun pada dasarnya Telkom bukan merupakan perusahaan startup. Pada program ini diajarkan juga digital mindset, design thinking, agile method, dan berbagai ilmu yang dapat juga diimplementasikan dalam pekerjaan sehari-hari sehingga akan meningkatkan performa diri dan perusahaan. Jadi walaupun berstatus karyawan BUMN, kita juga punya ilmu untuk menjalankan sebuah startup. Menarik, kan?

2. Biar nggak melulu kerja, ada banyak komunitas seru yang bisa diikuti

Telkom Runners
Telkom Runners melakukan marathon Bogor – Jakarta di acara HUT Telkom (Foto dok. pribadi)

Telkom sangat mengedepankan work-life balance, salah satunya dengan memberikan kesempatan para karyawan untuk aktif tergabung dalam komunitas-komunitas di luar kantor. Beberapa komunitas yang ada di Telkom antara lain komunitas runner, biker, cycling club, futsal, modern dance, panahan, pengajian rutin, hingga karawitan yang menjadi wadah kreativitas dari sisi agama, olahraga, seni, dan budaya. Dari beragam komunitas ini, karyawan dapat melepaskan stres dari hiruk pikuk pekerjaan sehari-hari serta menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri.

3. Banyak program talent Telkom buat ngasah skill kamu biar nggak cuma segitu-gitu aja

annie-spratt-dWYU3i-mqEo-unsplash.jpg
Karyawan diberikan kesempatan untuk terus belajar dan mengembangkan potensi diri (Photo by Annie Spratt on Unsplash)

Nggak cuma pintar dalam satu hal di unit tertentu, karyawan Telkom juga harus terus mengasah skill dan kompetensi dirinya demi mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Secara rutin, Telkom mendukung karyawan untuk mengasah potensi diri dengan memberikan berbagai pelatihan, sertifikasi berskala nasional hingga internasional, bahkan memberikan beasiswa penuh untuk melanjutkan studi karyawannya di kampus-kampus ternama di luar negeri. So, jangan takut ilmu kamu akan segitu-gitu aja kalau sudah jadi karyawan Telkom!

4. Keluarga baru yang siap berbagi suka duka kapan pun di mana pun

KeluargaVIS
Keluarga baru di kantor yang makin bikin nyaman dan betah bekerja (Foto dok. pribadi)

Menghabiskan kurang lebih 7 hingga 8 jam bekerja, sepertiga hari kita otomatis akan diisi di kantor. Kalau kita nggak nyaman di lingkungan tersebut, pikiran kita bisa terserang berbagai mental health issue seperti stres dan depresi. Namun tenang, hal ini nggak terjadi di Telkom karena kekeluargaan yang sangat erat antar karyawan. Berbagai kegiatan seperti employee gathering, outbound, dan aktivitas-aktivitas bersama lainnya sering diadakan demi mempererat hubungan satu sama lain. Kamu pun seolah akan menemukan keluarga baru yang bisa berbagi suka dan duka selama menjalani hari-hari sebagai karyawan Telkom. Seru, kan?

5. Kenyamanan dan toleransi tinggi dalam melakukan kegiatan-kegiatan peribadatan

indonesia-2507346_1280.png
Toleransi antar umat beragama yang tinggi di Telkom (Image by Billy Halim from Pixabay)

Tentunya dalam sebuah perusahaan, karyawan menganut keyakinan dan agama yang berbeda-beda. Namun jangan khawatir, kebebasan dan kenyamanan beribadah di Telkom sangat dijamin oleh manajemen. Berbagai kegiatan keagamaan dan pembinaan spiritual dilakukan rutin bagi semua pemeluk agama. Bahkan azan selalu berkumandang lima kali sehari di tiap lantai di kantor-kantor milik Telkom. Hal ini juga tak lantas menjadikan pemeluk agama lain protes karena toleransi yang tinggi.

Itu tadi ulasan lima di antara banyak pengalaman unik, seru, dan menarik yang kami rasakan selama menjalani hari-hari sebagai karyawan Telkom. Habis baca artikel ini, dijamin deh kamu nggak akan ragu lagi kalau mau daftar rekrutmen Telkom!

Penulis telah melakukan wawancara ke beberapa rekan sesama karyawan Telkom dari beragam unit PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dan tersebar di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s