How-to

Pengalaman Vaksin Internasional Meningitis di KKP Kelas II Bandung

Kemarin Senin (23/12), saya melakukan vaksin meningitis di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) II Bandung. Untuk lokasi detailnya bisa klik di sini. Cukup amaze dengan proses dan alur pendaftaran vaksin karena semua serba online.

Jadi awalnya karena saya insyaAllah akan melaksanakan ibadah umroh bulan Februari 2020, sementara saya menggunakan biro travel di Malang (bersama orang tua), jadi saya harus mendaftar sendiri untuk vaksin meningitisnya. Berbekal hasil googling, akhirnya saya mengetahui bahwa sekarang pendaftaran vaksin semua dilakukan secara daring.

Berbeda dengan saat saya umroh pada tahun 2016 dimana semua serba manual. Saat itu saya berada di Jakarta dan harus berangkat ba’da Subuh demi mendapat antrian awal (karena saya harus segera bekerja dan tidak mengambil cuti). Saya melakukan vaksin di KKP Halim Perdanakusuma dan prosesnya masih menggunakan kertas dan bolpoin (manual).

Sesampainya di KKP Halim pukul 05.00, saat kantor masih tutup, saya mengambil antrian dari bapak satpam yang menjaga. Saya ingat waktu itu saya mendapat nomor 5 atau 6. Kantor buka pukul 07.00 dan semua orang berdesakan masuk. Setelah masuk, kami harus mengisi form pendaftaran dan mengambil nomor antiran (lagi) untuk melakukan vaksin. Saya mengisinya dengan cepat karena harus mengejar waktu. Alhasil saya mendapat nomor antrian pertama. Kemudian kami membayar biaya vaksin sekitar Rp 200-300k (lupa), dan diberikan vaksin (dengan cepat) tanpa diberikan penjelasan apapun. Kemudian saya diberikan kartu kuning yang berisi penjelasan bahwa saya telah diberikan vaksin meningitis dan berlaku selama tiga tahun sejak vaksin diberikan. Kartu kuning saya expired tahun 2019, sehingga saya harus melakukan vaksin lagi untuk umroh kedua ini.

Sekitar pukul 09.00 saya selesai melakukan vaksin di KKP Halim dan harus kembali ke kantor di Gatot Subroto. Dan sore hingga keesokan harinya saya mengalami demam karena reaksi tubuh saat diberikan vaksin meningitis.

Oke, kembali pada pengalaman vaksin di KKP Bandung. Saya mengira prosesnya tidak akan jauh berbeda dengan waktu vaksin tiga tahun yang lalu, namun ternyata saya salah. Digitalisasi telah dilakukan dan saya merasa senang karena proses birokrasi bisa menjadi lebih mudah dengan adanya pendaftaran online ini.

Pengalaman saat melakukan vaksin, saya sampai pukul 08.00 karena di form registrasi tertulis KKP buka pukul 08.00 – 11.00. Saya kemudian mengambil nomor antrian dan cukup kaget karena mendapat nomor antrian 122. Waktu saya melihat pintu kaca di dekat parkiran motor, tertulis bahwa nomor antrian sudah dapat diambil dari pukul 07.00. Ya sudah tidak apa-apa, saya menunggu untuk dilayani karena kebetulan memang hari itu cuti.

Jadi di dalam KKP Bandung, terdapat 3 counter. Counter pertama untuk melakukan validasi data diri dan tes kesehatan. Counter kedua untuk melakukan pembayaran, total yang harus dibayar sebesar Rp 305.000. Counter ketiga untuk pemberian kartu kuning.

Pukul 09.00 saya masuk ke dalam ruang vaksin wanita dan harus melakukan tes kehamilan terlebih dahulu. Kalau hasilnya negatif, baru akan diberikan vaksin meningitis. Sebenarnya untuk melaksanakan umroh/haji diperlukan vaksin meningitis dan vaksin influenza, namun di KKP Bandung tidak melayani vaksin influenza.

Yang berbeda di sini adalah para petugasnya memberikan penyuluhan terlebih dahulu kepada calon jamaah umroh mengenai pentingnya vaksin meningitis. Dan hal ini yang tidak saya dapatkan ketika vaksin di KKP Halim tahun 2016 silam. Petugasnya berkata bahwa akan sangat wajar mengalami demam setelah vaksin, dan kita diperbolehkan meminum paracetamol untuk menurunkan demamnya.

Pada pukul 10.00 saya menerima kartu kuning dan vaksin ini berlaku dua tahun sejak diberikan vaksin.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan apabila readers harus melakukan vaksin meningitis di KKP Kelas II Bandung:

SS
Tampilan situs pendaftaran online vaksin meningitis

Sumber informasi: Sinkarkes Kemkes.

A. Langkah-Langkah Pendaftaran Vaksinasi Internasional

  1. Melakukan pendaftaran melalui form registrasi vaksinasi, situs pendaftaran online bisa klik di sini.
  2. Pilih tanggal permintaan pelayanan dan tanggal rencana keberangkatan. Wajib diisi untuk mengetahui sisa kuota KKP pada saat tanggal permintaan pelayanan.
  3. Pilih KKP terdekat untuk melakukan pelayanan. Saya memilih KKP Kelas II Bandung karena memang domisili di sini.
  4. Melakukan pengisian detail keterangan pendaftaran.
  5. Upload scan paspor dalam bentuk format jpeg/jpg/png.
  6. Mengisi alamat email untuk mendapatkan notifikasi hasil verifikasi pendaftaran oleh petugas KKP melalui email.
  7. Setelah melakukan pendaftaran secara online, pendaftar akan mendapatkan tanda terima dan file formulir pendaftaran dari KEMENKES SIMKESPEL. Cetak hasil konfirmasi ini (dua lembar) karena akan digunakan waktu pelayanan vaksin pada tanggal yang telah dipilih.

B. Pelayanan Vaksinasi Internasional

  1. Pendaftar yang telah melakukan pendaftaran secara online diwajibkan datang pada tanggal permintaan pelayanan yang dipilih.
  2. Menunjukan tanda terima ICV dan formulir pendaftaran dalam bentuk hardcopy kepada petugas KKP.
  3. Pendaftar membawa paspor dan dokumen identitas diri.
  4. Petugas KKP akan melakukan verifikasi data pendaftar.
  5. Pendaftar yang telah diverifikasi akan diberikan pelayanan vaksinasi oleh petugas KKP.

C. Penerbitan dan Pengesahan ICV

  1. Petugas KKP melakukan vaksinasi kepada pasien.
  2. Setelah proses vaksinasi selesai maka selanjutnya petugas KKP melakukan penerbitan dokumen ICV baru jika pendaftar belum mempunyai dokumen ICV atau Dokumen ICV yang sebelumnya ada telah habis.
  3. Jika pasien sudah memiliki ICV sebelumnya maka akan dilakukan pengesahan oleh petugas KKP dengan mengisikan data pelayanan yang telah dilakukan.

Alhamdulillah kali ini setelah vaksin, saya tidak mengalami demam. Mohon doanya semoga saya sekeluarga diberikan kemudahan kelancaran dalam menjalankan ibadah umroh bulan Februari 2020. Aamiin…

Bandung, 23 Desember 2019

2 thoughts on “Pengalaman Vaksin Internasional Meningitis di KKP Kelas II Bandung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s