Literasi · Talks

Achievement in 2020: Special Mention Livingintelkom Blog Competition

Bismillah… post pertama di tahun 2020. Kali ini saya ingin membahas tentang proses kreatif menuliskan artikel untuk lomba blog @livingintelkom.

Berawal dari info teman bahwa akan diadakan blog competition khusus bagi karyawan Telkom, saya kemudian tertarik untuk mengikutinya. Selain karena ingin ‘mengetes’ kualitas tulisan di blog, juga karena ingin berbagi pengalaman kepada semua teman yang tidak bekerja di Telkom. Terima kasih teman-teman yang selalu memberi info kalau ada lomba menulis di lingkungan Telkom Grup. Really appreciate that!

blog-competition
Poster pengumuman Lomba di IG @livingintelkom

Dengan dua tema yang dipersyaratkan, saya mengambil tema pengalaman seru livingintelkom. Karena tema serba serbi rekrutmen Telkom sudah tidak bisa lagi saya tuliskan (kebaruannya) mengingat saya masuk Telkom tahun 2014 – pastilah pengalamannya sudah obsolete alias kelamaan haha. Sudah tidak valid dengan rekrutmen di tahun-tahun 2019.

Saya ingin menuliskan artikel untuk lomba blog ini se-asli mungkin, se-nyata mungkin dalam membagikan pengalaman seru selama lima tahun menjadi karyawan Telkom. Memikirkan idenya saja cukup lama, butuh beberapa hari hingga akhirnya saya memutuskan ‘Ah, aku ingin nulis tentang itu saja’. 

Setelah melakukan riset, akhirnya saya mulai menggali beragam informasi pengalaman dari beberapa teman. Karena tentunya artikel saya akan lebih teruji validitasnya jika pengalaman itu tidak hanya saya rasakan sendiri, namun juga dirasakan teman-teman lain yang juga bekerja di Telkom. Juga supaya artikel saya tak hanya nampang di blog pribadi, juga bisa masuk media online. Saat itu saya menargetkan untuk submit artikel di IDN Times karena ada syarat yang menyatakan bahwa artikel di blog boleh sama dengan artikel yang tayang di IDN Times. Tidak semua media online membolehkan tulisan yang sama persis dengan yang sudah tayang di blog pribadi, seperti hipwee, brilio yang memberikan aturan ketat terkait kesamaan artikel di medianya dengan blog pribadi penulis.

Start from 28 November 2019, saya mulai mewawancarai beberapa teman yang juga bekerja di Telkom. Waktu itu saya ingin mengumpulkan data-data pengalaman menjadi karyawan Telkom dari beragam unit/divisi dari Sabang hingga Merauke. Sayangnya ngga ada teman yang bekerja di Telkom Sabang maupun Telkom Merauke, hehe. Jadi saya sampling saja teman-teman yang bekerja di unit-unit tertentu yang juga aktif mengikuti komunitas-komunitas yang ada di lingkungan Telkom Grup baik di Jawa maupun luar pulau Jawa.

Saya ingin menggali pengalaman individu masing-masing orang lebih dalam, sehingga saya juga mewawancara teman yang sudah resign dari Telkom, teman yang sebelumnya bekerja di kompetitor kemudian menjadi karyawan Telkom, juga teman yang aktif mengikuti komunitas olahraga di Telkom.

Dari berbagai sudut pandang mereka, saya yakin artikel ini akan lebih ‘kaya’ dan valid. Karena dialami tidak hanya dari seorang karyawan saja, melainkan dialami oleh lebih dari 10 orang karyawan. Sengaja tidak sampling terlalu banyak mengingat waktu penulisannya yang cukup singkat.

Hingga pada tanggal 16 Desember 2019 terbitlah artikel berjudul 5 Hal Menarik yang Hanya Bisa Kamu Dapatkan Kalau Jadi Karyawan TelkomArtikel yang saya rencanakan dengan baik, tidak ditulis secara asal dan penuh dengan perencanaan yang matang. Pertama kalinya saya melakukan riset yang cukup serius sebelum mulai melakukan proses menulis. Biasanya saya akan brainstorming dengan diri sendiri saja, namun sekarang saya melakukan penentuan ide dan meraciknya dengan bantuan hasil data wawancara teman-teman lain.

Alhamdulillah, kemarin (21 Januari 2020) saya mendapat kabar dari teman bahwa tulisan saya menjadi salah satu tulisan terbaik yang mendapatkan reward. Sebenarnya saya sendiri kurang paham dengan Special Mention, karena sebelumnya tidak disebutkan dalam poster pengumuman pertamanya bahwa akan ada reward untuk special mention.

blog-competition-winner
Pengumuman Pemenang Blog Competition Livingintelkom

Terima kasih untuk teman-teman yang bersedia saya wawancara untuk memperkaya artikel yang saya tuliskan untuk mengikuti lomba blog ini:

  1. Ceria, junior kuliah yang sekarang di Divisi IT plus rajiiin banget olahraga dan ikut beragam komunitas olahraga di Telkom, mulai dari running, biking, dll.
  2. Hasyim, junior kuliah yang sekarang jadi data scientist Telkom, newlywed yang rajin marathon ini juga rajin nulis di mediumnya codex. Bikin iri haha.
  3. Nurina, junior kuliah yang sudah menjadi ex-karyawan Telkom, eh ternyata tetangga dekat rumah.
  4. Sukmasoulmate sekaligus workmate di unit kerja sebelumnya, klop banget deh kalo ngobrol sama Sukma dari A sampai Z, dari bahas negara sampai urusan skincare.
  5. Hefrian, teman di unit sebelumnya, si hobi baca yang sama-sama suka ngedesain PPT.
  6. Silmina, teman di unit baru, rajin bikin puisi sekaligus ikut beragam kegiatan budaya di Telkom. Terbaik!
  7. Indaka, teman kuliah sekarang sama-sama di Telkom. Walaupun udah ngga ketemu lama, masih aja seperti Indaka yang dulu jayus. Haha.
  8. Mila, teman di unit sebelumnya, sama-sama suka ngobrolin investasi syariah plus baca komik online.
  9. Akbar, teman bareng bintal di Secapa. Aktif, kreatif, dan jiwa leadership-nya oke banget, sekarang penempatan di Makassar.
  10. Ibnu/Popon, teman bareng bintal juga, aktif di Sekar Telkom dan pernah jadi best employee Telkom.
  11. Bimowisda, teman di unit sebelumnya. Sebelumnya punya banyak experience waktu kerja buat kompetitor haha. Untungnya sekarang udah di Telkom ya.

That’s all. Secuplik kisah menuliskan artikel untuk lomba blog untuk Telkomers. Saya tergolong penulis yang jarang menulis artikel di blog. Seringnya isinya curhatan hehe. Karenanya pengalaman menulis artikel ini sungguh berharga, mulai dari risetnya, wawancaranya, ngumpulin foto-fotonya hingga akhirnya terpilih menjadi special mention. Thanks all!

Bandung, 22 Januari 2020
Lantai 5 GMP Japati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s